Jumat, 20 Maret 2015

HARDWARE DAN SOFTWARE


PERKEMBANGAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER


1.      Perkembangan Teknologi Komputer
a. Supercomputer
Superkomputer adalah jenis computer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer yang terkenal adalah Cray (Cray Research, Inc).

b. Mainframe
Mainframe merupakan jenis computer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Perusahaan computer yang menjadi pemain utama pada kelas ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys.

c. Workstation
Workstation adalah jenis computer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Awalnya workstation dirancang untuk memenuhi aplikasi perancangan berbasis grafis  seperti CAD, tetapi belakangan juga banyhak dipakai sebagai server dalam client/server. Perusahaan computer yang menjadi pemain utama dalam produksi workstation adalah DEC, IBM, dan Sun Microsystems.

d. Microcomputer
Mikrokomputer lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) atau computer pribadi. Mikrokomputer sendiri dapat dibedakan menjadi desktop PC, tower PC, laptop, notebook, palmtop, PDA.

e. Microcontroller
Mikrokontroller adalah mikroprosesor khusus yang berukuiran kecil yang biasa dipasang pada peralatan-peralatan elektronis cerdas, mobil, dan barang yang lain.








2. Pemanfaaatan Teknologi Komputer
Pada generasi pertama komputer, teknologinya digunakan untuk kegiatan tempur atau militer. Pada generasi kedua komputer, teknologinya digunakan untuk meneliti atom dan kegiatan laboraturium lainnya. Sedangkan pada generasi ketiga, keempat dan kelima teknologi komputer telah memperluas penggunaannya dan semakin maju dari zaman ke zaman. Penerapan pada generasi saat ini secara nyata telah mempengaruhi manusia secara pribadi, keluarga, masyarakat, organisasi dan semua orang di dunia ini. Karena hampir semua orang telah mengenal komputer.

Adapun penerapan komputer disegala bidang meliputi hal-hal berikut ini :    
a. Bidang teknik dan ilmu pengetahuan
Digunakan untuk mengolah data karena kecepatan dan ketepatannya. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan perhitungan - perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat serta dengan hasil yang akurat.  

b. Bidang Geologi 
Untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur dari suatu daerah yang mungkin bila dengan mata telanjang kita tidak dapat melihatnya.

c. Bidang Bisnis
Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat didalam perusahaan, menyediakan informasi keadaan pasar yang bersaing dan berkembang dan menyediakan informasi menigkatkan mutu manajemen. 

d. Bidang Industri
Untuk meningkatkan proses produksi dalam industri, meminimalisir kesalahan yang biasa dilakukan manusia, dan agar mendapatkan hasil lebih cepat dan efisien

e. Bidang Perbankan
Untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank yang bersangkutan

f. Bidang Pendidikan
Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, agar informasi yang ingin disampaikan dosen/guru kepada siswa/mahasiswanya lebih cepat dan dapat dilakukan dimanapun tanpa perlu bertatap muka. 

g. Bidang Kedokteran
Untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit diihat dengan kasat mata. Contohnya Sistem CAT (Computer Axial Tomograph) untuk membuat gambar otak dan organ tubuh yang bergerak, rontgen untuk mendeteksi bagian tulang yang mengalami penggeseran, patah , dan retak. 

h. Bidang Penerbangan
Untuk mengatur jadwal penerbangan bandara dan mengatur pemesanan tiket baik secara online maupun pembelian tiket ditempat.

i. Bidang Kriminal
Untuk menghasilkan statistik kriminalitas disuatu daerah, sehingga dapat mengatur patroli yang diperlukan untuk mendapatkan data jari dan mencari fakta dan data dengan tepat dan cepat, teknologi komputer dapat juga digunakan untuk membuat database bagi para narapidana atapun penjahat yang sedang buron. serta dapat digunakan untuk membuat satuan sistem keamanan disuatu kantor atau perusahaan untuk menghindarkan dari perampokan dan pencurian. 

j. Bidang Otomotif
Untuk memonitor kinerja mesin kendaraan kita, teknologi computer ini juga dapat digunakan sebagai keamanan kendaraan, serta dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mesin kendaran kita.
3. Cara Menggunakan Komputer Dengan Sehat
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqlZdO73CdoN3u9X8de9s47hBV5nFwtM6_7CdI7YLvYZlpu5uyF3P0ryF_QvhZCIPr7ZJZj_zRrTgKbhad1N-8q_Xr_iBG0PcSFmFO1E0vRMnCaraWZcSq6l0JFnhl57qIhglFWu1g0CM/s1600/images+%288%29.jpg 

Cara menggunakan komputer agar terhindar yaitu pertama, pandangan untuk menggunakan komputer dengan baik dan benar, menggunakan komputer agar terhindar yaitu pertama, pandangan mata disarankan agar monitor memiliki layar anti silau atau bisa memakai kacamata berwarna. Kedua, posisi tubuh siku dan lutut membentuk sudut 90’ dan duduk harus tegak. Keyboard harus sama tingginya dengan siku sehingga lengan dan jemari mengurangi ketegangan otot dan persendian. Apabila kursi tersebut tinggi kita dapat memanfaatkan penyangga kaki. Ketiga, letak pergelangan tangan, jemari tangan dan tangan dalam keadaan santai, tidak melengkung dan tegang.

1. Monitor
            Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat memancarkan intensitas cahaya cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia. Oleh karena itu, bagian dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan,
Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

a. Letakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan
cahaya dari sumber cahaya lain.
b. Letakkanlah monitor lebiih rendah dari garis hoizontal mata, agar tidak mengadah atau menunduk.
c. Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan gelap
d. Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan.

2. CPU ( Central Processing Unit )
            Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.
a. Tangan yang basah baik oleh air atau keringat tidak boleh langsung bersentuhan dengan CPU.
b. Aliran listrik yang ada pada CPU dapat menimbulkan sengatan.

3. Kabel Komputer
            Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.

4. Keyboard
            Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama.
Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan:
a. Keyboard hang / rusak
b. Keyboard berlumut kekuning-kuningn dan tidak indah
c. Hubungan singkat.

5. Pandangan MataUntuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandanagn fokus ke layar monitor memiliki layar anti silau atau memakai kacamata berwarna.

6. Posisi tubuh / posisi duduk
• Posisi tubuh kurang tepat membuat kurang nyaman
• Posisi kaki dapat menyanggah lantai
• Siku dan Lutut membentuk sudut 90 derajat
• Duduk tegak
• Keyboard sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat
mengurangi ketegangan otot dan persendian


7. Letak Pergelangan Tangan, Jemari tangan dan Lengan
• Pastikan pergelangan tangan, jemari tangan dan lengan dalam keadaan santai,
tidak melangkung dan tegang
• Letak posisi yang benar dapat terhindar dari penyakit radang sendi
(Repetitive strain Injury-RSI)

8. Beristirahat
            Beristirahatlah selama 10 menit setelah berkerja 1 jam di depan komputer agar mata dan organ tubuh lainya juga beristirahat.
            Teknologi memudahkan kehidupan manusia, komputer kecil atau portable seperti notebook (laptop/netbook) sudah menjadi perangkat umum sering digunakan oleh masyarakat. Tetapi ternyata ada penelitian bahwa posisi perangkat seperti notebook bisa membahayakan kesehatan.
            Ukuran notebook yang kecil membuat pengguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang tubuh manusia. Hal ini tergantung dari berapa lama.

4.Perangkat Komputer dan Cara Memanfaatkannya

A. Perangkat Lunak (software)
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian,  yaitu:

1). Sistem operasi

            Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

2). Sistem Aplikasi
            Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
B. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

            Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
1). Keyboard
            Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

2). Mouse
            Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

3). Processor
            Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.

4). Motherboard
            Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

5). RAM
            RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.

6). CMOS
            CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.

7). Konektor Casing
            Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.

8). Monitor
            Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.

9). Power Supply
            Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

10). Harddisk
            Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.

11). Kipas (Pendingin)
            Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.







DAFTAR PUSTAKA
       Posted by: Suriyadi  Teknologi Informasi dan Komunikasi Updated at: 23.40

PENGERTIAN SOFTWARE DAN HARDWARE BESERTA CONTOHNYA




            Hardware adalah perangkat keras dan software adalah perangkat lunak. Itu terjemahannya. Tapi penjelasan lebih tepatnya sebagai berikut:
            Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.
           
            Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:

1. Perangkat masukan (Input device)
            Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2. perangkat keluaran (Output device)
            perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3. Perangkat pengolah data (Processor)
            Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

            Macam-macam perangkat keras (hardware):

1. CPU (Central Processing Unit)
            Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

2. Monitor
            Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.

3. Keyboard
            Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.

4. Mouse
            Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.


5. Printer
            Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

6. CD ROM
            Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.

7. Compact Disk (CD)
            Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

8. Floppy Disk
            Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

9. Hardddisk
            Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

10. Scanner
            Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

11. USB Flasdiks

Flasdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).

            Sedangkan Software / perangkat lunak, adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang namun kita dapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi dan Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dsb. Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras.

Contoh perangkat lunak: program akuntansi, program MS Office, dsb.
KOMPONEN – KOMPONEN HARDWARE & SOFTWARE PADA KOMPUTER
Perangkat Keras Komputer di sebut juga Arsitektur Komputer dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Namun disini kita hanya akan membahas arsitektur pada umumnya, Secara garis besar arsitektur computer dapat di bagi menjadi 4 yaitu :

  1. Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain/mengubah input menjadi output. Dirincikan sbb :  Primary storageControl unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system, Arithmatika and logical Unit, tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika. Secondary storage (penyimpanan sekunder ), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
  2. Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.
  3. Unit Output, mencatat dan atau mencetak hasil pengolahan. (penyimpanan primer), berisi data yang diolah & program,...
  4. Primary storage : tempat penyimpanan



Central Processing Unit, Disinilah jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses yang dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung. Berikut adalah organ utama dalam CPU :
  • Processor : Menjalankan program.
  • Motherboard : Motherboard adalah rumah dari perangkat dimana semua yang berhubungan untuk dapat masuk kedalam system harus melalui motherboard.
  • Video Graphics Adapter ( VGA ) : Perantara untuk menterjemahkan keluaran dari processor untuk ditampilkan  ke monior.
  • Power Supply Unit ( PSU ) : Mensuplai tenaga untuk semua komponen yang ada dalam  computer. Serta untuk menstabilkan voltase secara otomatis.
  • Harddisk : Salah satu jenis memori penyimpanan dalam computer.
  • Memory ( kecepatan ) : Semakin besar kapasitas memory semakin leluasa sebuah computer untuk mengeksekusi program.
Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice recognizer. Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form ( bentuk dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: keytocard, keytotape, keytodisk, dsb
  • Keyboard : Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868.
  • Mouse : dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan tangan kita.
  •  Scanner : suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto kopi.
  • Monitor : disebut juga layar computer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
  • Printer : digunakan untuk mencetak data / informasi pada kertas
  • Speaker : berfungsi untuk mengeluarkan informasi berupa suara
  • Processor : sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya.
  • Mainboard : sebagai kerangka mesin computer tempat processor dan komponen – komponen lainnya dipasang
  • Diskette Drive : disebut floppy drive, yaitu tempat memasukkan floppy disk (disket). Berfungsi membaca dan menulis data pada disket.
  • CD Drive : tempat memasukkan CD, berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD
  •  Harddisk : adalah tempat penyimpanan data. Harddisk berada dalam casing (badan) komputer dan jarang di pindah-pindahkan (disebut fixed disk)
  • Memory (RAM) tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Accses Memory, yaitu memori yang bias diakses secara acak oleh processor.
  •  VGA – Card : komponen yang berfungsi menampilkan gambar / tampilan pada monitor. (Video Graphics Array)
  •  Sound Card : komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker
  • LAN Card : komponen yang akan menghubungkan computer dengan computer lainnya. Tidak selalu ada pada computer, dan dipasang jika diperlukan saja.
  •  Modem : komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi internet, atau untuk mengirim data melalui jaringan telepon.
  • Stabilizer : menstabilkan arus listrik sehingga arus yang masuk ke dalam power supply komputer tidak terlalu naik – turun yang bisa menyebabkan kerusakan peralatan elektronik dan data.
  • UPS : untuk mencegah komputer mati ketika terjadi pemadaman arus listrik mendadak. Pada waktu listrik padam, UPS otomatis menyediakan daya listrik untuk computer.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan ( huruf, angka, symbol khusus ), image ( dalam bentuk grafik atau gambar ), suara , dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin ( machine-readable form ). Peralatan output dapat berupa :
  • Hard-copy device  yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
  • Soft-copy device yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Contoh :>> Printer : Output device yang berfungsi mencetak data ( Dokumen, Picture, web page, dll ) >> Monitor : Output device yang berfungsi menampilkan data-data dari CPU. >> Projector : Sama halnya monitor, projector berfungsi menampilkan data-data dari CPU, badanya adalah ukuran keluaran projector jauh lebih besar dari monitor. >> Speaker : Alat keluaran untuk device yang berupa suara.
Primary storage
  • Pita Magnetik (Magnetic Tapes)
  • Floppy disk (diskette),
  •  Zip Drive
  • Flash Disk
  • Hard Disk
  • Disk Optik (Optical Disk)

Manfaat komputer dalam pendidikan, yaitu:

1.      Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan  mereka.
2.      Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
3.      Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4.      Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer  hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.